MANAJEMEN
KONFLIK DAN MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MANAJEMEN
KONFLIK DI ERA KEKINIAN
•
Pada era sekarang ini , manajemen konflik , menjadi sangat serius di bahas
berbagai kalangan , akademisi , profesional , peneliti , para dewan direksi
dll. ( para pihak )
•
Para pihak mendalami , apa penyebab konflik , dan sejauh mana hrs terlibat
, serta sejauh mana konflik merugikan perusahaan .
•
Oleh krn itu para pihak berupaya bagaimana mengubah konflik tsb menjadi
motivasi yg positif.
KONFLIK
•
Beberapa kalangan mengemukakan , bahwa setiap orang memiliki perbedaan atau dgn istilah different thinking ,
different opinion , different analysis ,
different action .
•
Penyebab perbedaan umumnya dilatarbelakangi
oleh berbagai sebab , seperti latar belakang disiplin ilmu , latar
belakang experience , latar belakang keluarga , latar belakang budaya
lingkungan ,
SEBAB-SEBAB
TIMBULNYA KONFLIK
•
1. Peristiwa se-hari hari , adanya tantangan , adanya perbedaan ( Hendricks )
•
2. Keingnan top manajemen yg terlalu ambisius , shg dewan komisaris
bereaksi thd dewan direksi , krn komisaris berperan sbg principal , sedangkan
dewan direktur sbg pelaksana . ( dimana pelaksana hrs memaksimalkan
keuntungan bagi principal )
•
3, Konflik terjadi krn kondisi dan situasi eksternal , yg dianggap tdk representatif , dlm sisi kenyamanan , shg
memacu ketidak focusan dlm melaksanakan pekerjaan yg sdh direncanakan .
•
4. Sikap ego , yg selalu menganggap pendapatnya benar ,
walaupun bertentangan dgn realita ,
PERSPEKTIF
MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
•
Pencarian kebenaran sbg akibat dr konflik , hrs melalui proses , dimana
setiap proses manajemen cenderung hrs ada keputusan , krn suatu proses
manajemen tanpa pengambilan keputusan tdk akan ada artinya.
•
Manajemen adalah seni , sedangkan
konflik adalah usaha lanjutan dr pembuktian ( penjelasan ) pendapat dr bebagai
pihak .
•
Penjelasan atas pembuktian dlm manajemen akan membantu dlm penyelesaian
konflik , shg sebuah konflik bisa menjadi situasi demokratis , yg melahirkan
pemahaman serta siap menerima keputusan yg bijaksana.
MEMBEDAKAN
JENIS KONFLIK
- Intrarole conflict
- Interrole conflict
- Intradepartemental
conflict
- Interdepartement
conflict
- Intraorganizational
conflict
- Organitazional
environtment conflict
- Intrapersonal
conflict
- Interpersonal
conflict
- Intragroup conflict
- Intergroup conflict
- Interinformal system
conflict
- Informal system
environment conflict
DEFINISI KONFLIK
•
Konflik sbg suatu proses dimana A
, melakukan usaha yg sengaja utk
menghilangkan usaha B , yg
mengakibatkan frustasi B dlm upayanya
mencapai tujuannya. ( Stephen Robbins )
•
Konflik merupakan ketidak sesuaian nilai atau tujuan antar anggota
organisasi . ( Luthans F )
•
Konflik mengacu pd pertentangan antar individu atau kelompok yg dpt
meningkatkan ketegangan , sbg akibat saling menghalangi dlm mencapai tujuan .
Walton
Membagi Jenis Konflik
- Conflict between
members of a family
- Conflict confined to
two individuals in a organitazion
- Conflict between
organitazion unit
- Conflict between
intitution/organitations
5 (LIMA)
JENIS KONFLIK DALAM KEHIDUPAN ORGANISASI
•
1. Konflik dlm diri individu ( individu mnghadapi ketidak pastian yg
diharapkannya , kompetensi merasa sdh tinggi ,
atau mengharapkan yg kompetensinya tdk di miliki)
•
2. Konflik antar individu , ( perbedaan kepribadian , yg berasal dr peranan
, antara bawahan dgn atasan )
•
3. Konflik antara individu dgn kelompok , ( berhubungan dgn cara individu
menanggapi tekanan utk di seragamkan budayanya atau sanksi dr kelompok yg
diterimanya )
•
4. Konflik antara kelompok ( pertentangan yg di akibatkan dr kinerja , krn ada ketrgantungan
produktivitas )
•
5. Konflik antar organisasi ( bentuk persaingan ekonomi dan sistem
perekonomian , mengarah kpd pengembangan
produk baru , teknologi , jasa , harga ,
penggunaan SDA efisien .
BUDAYA
ORGANISASI DGN KONFLIK
•
Aktivitas bisnis yg berkembang sangat pesat , mendorong pergerakan budaya
organisasi semakin kompleks .
•
Bisnis berbasis lokal , nasional ,, regional , internasional , menyebabkan
organisasi hrs menampung konsep yg
berbeda latar belakang .
•
Dampak hubungan strategi dan budaya dpt menimbulkan konflik , jika individu
dlm organisasi kurang dpt berdaptasi ., ( sifat
mementingkan kelompok ).
•
Kemampuan beradaptasi akan
berhubungan dgn intensitas konflik .
•
Adaptasi yg rendah thd budaya organisasi , melahirkan perbedaan persepsi ,
shg terjadi relation ship conflict ( dgn atasan atau sebaliknya )
•
Konflik sangat mempengaruhi produktivitas , krn suasana kerja tdk kondusif
.
PENDEKATAN
BUDAYA ORGANISASI UNTUK MEMPERKECIL KONFLIK
•
Pen ggunaan manajemen konflik yg tepat , akan berdampak positif dan fungsional bagi peningkatan performance .
•
Pengelolaan konflik hrs dikawinkan dgn format budaya organisasi atau
diadaptasikan , shg berjalan harmonis .
•
Adaptasi pengelolaan konflik dgn format budaya organisasi , akan tepat
melalui training di middle mangement dan top management .
KEPEMIMPINAN
, MOTIVASI , KONFLIK
•
Pimpinan dlm konsep manajemen konflik , sangat besar pengaruhnya , dlm
penyelesaian konflik .
•
Kuatnya kepemimpinan dlm upaya menyelesaukan konflik membawa konflik dr
arah negatif ke arah positif .
•
Maka pimpinan hrs paham bgm mengelola konflik , yaitu mengubah konflik
menjadi motivasi , yg mempengaruhi tingkat produktivitas .
•
Artinya yg mengalami konflik akan mengarah kan konflik tsb , menjadi
positif dgn memotivasi dirinya utk lebih
optimal .
KONFLIK
DENGAN MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
•
Kesalahan pengambilan keputusan , akan menimbulkan konflik .
•
Pimpinan unit ( manajer ) merupakan salah satu potensi yg dpt menimbulkan
konflik.
•
Untuk memperkecil konflik , perlu membangun konsep pertahanan khusus antar lain :
•
1. penciptaan prosedure pengambilan keputusan yg formal , yg sifatnya
kolektif , shg jika ada konflik , akan mejadi tugasnya .
•
2. penggunaan tenaga konsultan dr luar perusahaa,
•
3. penyerahan tugas menyelesaikan masalah kpd kelompok akhli dlm perusahaan
.
•
4. membentuk panitia .
SOLUSI DALAM
MENYELESAIKAN KONFLIK
•
1. Penerapan konsep kolaborasi (
membangun nuansa kerja meminimalkan sikap negatif , dgn mengedepankan kerjasama
, serta pihak-pihak yg konflik sangat berkinginan utk memuaskan semua pihak .)
•
2. Penerapan konsep adaptasi ( adaptasi dgn budaya , )
•
3. Penerapan metode penyelesaian konflik dgn dominasi , kompromi ,
pemecahan integratif .
•
4. Penerapan konsep dgn SWOT ( utk mengetahui keadaan perusahaan secara
komprehensif , sbg paduan agar focus , dan mengetahui kelemahan , kekuatan ,
tantangan.
0 Response to "MANAJEMEN KONFLIK DAN MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN"
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Sopan
No SARA
No spam (Link Aktif)
Jika anda ingin mendapatkan file utuhnya silahkan hubungi admin atau request di kolom komentar dengan menyertakan email anda
Insya Allah akan kami balas secepatnya
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa di share gan....!!!!!