LATAR BELAKANG MASALAH DAYA SAING
PEREKONOMIAN INDONESIA
•
Dari hasil penelitian
lembaga-lembaga dunia , maupun dalam negeri , menunjukkan bahwa Indonesia
memiliki kekayaan sumber produksi yg boleh dikatakan kaya , mengingat SDM yg
berlimpah , dgn angkatan kerja yg besar , disertai sumber daya alam yg
potensial .
•
Namun dgn angkatan kerja yg besar
dan sumber daya alam (SDA) potensial , belum cukup tampil menjadi negara yg
memiliki daya saing tinggi .
•
Sejak diberlakukan kesepakatan
perdagangan bebas antara ASEAN dgn Cina
( Cina –AFTA ) januari 2010 ,
nampak kekhawatiran bahkan ketakutan pengusaha-pengusaha baik disektor
pertanian maupun industri , thd ekspansi
produk-produk Cina .
•
Atas hal tersebut di atas , banyak
kalangan menyalahkan pemerintah , yg di anggap kurang serius dalam meningkatkan
daya saing perekonomian Indonesia , dimana kebijakan-kebijakan pemerintah
dianggap tdk kondusif , dan kurang berpihak kpd pengusaha dalam negeri .
•
Kebijakan –kebijakan yg di anggap
kurang kondisif dlm mendukung daya saing perekonomian seperti antara lain penyediaan infra struktur
, pelayanan publik , pendidikan , kesehatan , peraturan –peraturan , dibidang
ekonomi yg mengarah kpd efisiensi dan produktivitas , yg pada akhirnya
membangun daya saing .
DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
•
Daya saing adalah suatu konsep
dalam ekonomi , yang merujuk kepada
komitmen terhadap persaingan pasar , antara produk - produk yg dihasilkan perusahaan –perusahaan
dgn sasaran keberhasilan dlm persaingan internasional .
•
Kekuatan daya saing suatu negara (
bangsa ) , ditentukan oleh kekuatan pondasinya
yg terdiri dari sejumlah pilar , yaitu (1) pilar daya saing SDA , (2)
pilar daya saing perusahaan , (3) pilar daya saing inovator , kreator ,
inventor , (4) pilar daya saing pemerintah , (5) pilar daya saing masyarakat
PILAR DAYA SAING SUMBER DAYA ALAM
( SDA )
•
1. Secara fisik alam Indonesia
memiliki daratan dan lautan yg cukup luas , dgn kandungan yg potensial
.
•
2. Iklim yg mendukung , krn hanya dua musim
•
3. Posisi geografi yg di anggap
cukup strategi , mengingat pd posisi
alur perdagangan internasional .
PILAR DAYA SAING PERUSAHAAN
•
Perusahaan merupakan pemain
terdepan dalam kancah daya saing , krn daya saing pada hakekatnya sangat
ditentukan oleh daya saing masing-masing perusahaan , yaitu :
•
1. daya saing pengusahanya
•
2. daya saing tenaga kerjanya
•
3. daya saing in-put lainnya ( finansial , bahan baku , kualitas ,
kontinuitas , distribusi , dll)
PILAR DAYA SAING INOVATOR
/INVENTOR
•
Daya saing suatu negara tdk lepas
dari kemampuan inovasi , kreativitas , keuletan , kehandalan , maka pemerintah
seyogyanya mengembangkan :
•
1. riset-riset yg unggul , dgn
visi yg kuat di Univesitas ( contoh
Jepang , Amerika , German , Korea Selatan , )
•
2. mengembangkan lembaga-lembaga
riset seperti lembaga penelitian dan pengembangan (litbang)
•
3. pengadaan infra struktur riset yg memungkinkan lahir inovasi-inovasi .
PILAR DAYA SAING PEMERINTAH
•
Pada dasarnya pemerintah hanya
mengeluarkan kebijakan –kebijakan , membangun infra struktur , pendidikan ,
namun pemerintah harus serius juga dalam
membina pengusaha agar memiliki daya saing kuat seperti :
•
1. kebijakan insentif , ( Contoh Cina )
•
2. pejabat yg memahami dunia usaha
( pro bisnis)
•
3. bunga bank yg pro bisnis .
•
4. pembangunan pelabuhan-pelabuhan
di wilayah potensial .
•
5. lembaga pelatihan tenaga
profesional tingkat global
PILAR DAYA SAING MASYARAKAT
•
Indikator suatu masyarakat
memiliki daya saing yg kuat , adalah :
•
1. tingkat kecerdasan yg didukung
latar belakang pendidikan yg memadai .
•
2. memiliki budaya disiplin yg
kuat .
•
3.memilki komitmen atas ketaatan
dan kepatuhan thd ketentuan –ketentuan .
•
4.memiliki keseriusan dalam
beraktivitas .
INDIKATOR UTAMA DAYA SAING PRODUK
•
1. Pangsa pasar per tahun …..% dr
jumlah ekspor cenderung meningkat ( bertahan)
•
2. laju pertumbuhan ekspor per
tahun …..%
•
3.pangsa pasar per tahun …..%
•
4. harga produk relatif kuat
•
5. diversifikasi produk
•
6. diversifikasi pasar
•
7.sertifikasi lingkungan hidup (
ISO 14000 )
•
8. ISO 9000
•
9. kepuasan konsumen
INDIKATOR UTAMA DAYA SAING
PERUSAHAAN
•
1. Pertumbuhan volume out-put
•
2. Pangsa PDB …..%
•
3. Pangsa pasar …..%
•
4. Turnover
•
5. Profit
•
6. Tingkat pendidikan pekerja dan
pengusaha
•
7. Pengeluaran riset dan
pengembangan
•
8. Paten yg dimiliki , dan
standarisasi produk
•
9.Produktivitas dan efisiensi
•
10. Jumlah pengeluaran biaya
promosi
•
11. Jaringan kerja dgn pihak
global .
DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
MENURUT WORLD ECONOMIC FORUM ( GENEVA SWISS)
•
Lembaga Pusat Studi Industri , UKM
, Persaingan Usaha , kerja sama dgn lembaga peringkat daya saing global (
kantor pusat di Geneva Swiss ) yaitu World Economic Forum
( WEF ) melakukan survei ke 150 perusahaan ( kecil , menengah , besar )
di semua sektor .
•
Surveinya disebut opinion survei ,
artinya opini dr pengusaha dan CEO , mengenai berbagai aspek penting yg menetukan daya saing negara .
•
Daya saing yg dimaksud WEF adalah daya saing negara dalam aspek ekonomi
, apabila daya saing ekonomi suatu negara tinggi , maka akan berpengaruh tinggi
terhadap daya saing produk dr negara itu .
•
Daya saing negara mencakup tingkat
suku bunga , nilai tukar , produktivitas , keterlibatan ditingkat global ,
devisa , yg akan berpengaruh signifikan terhadap daya saing produk .
POSISI DAYA SAING PEREKONOMIAN
INDONESIA DI ASEAN
•
1. Dalam tahap FAD , Kamboja ,
Filipina , Vietnam , Brunei ,
•
2. Indonesia masih dlm transisi
dari tahap FAD ke tahap EFD
•
3. Dalam tahap EFD , Malaysia , Thailand
•
4. Dalam tahap ID , Singapura .
KENDALA YG DI HADAPI DLM UPAYA
MENINGKATKAN DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
•
1. Kendala infrastruktur , dari penelitian WEF I ndonesia berada pd
posisi tingkat dunia di peringkat
84 . ( keadaan jalan raya , jalan kereta
api , pelabuhan , pasokan listrik , telepon , bandara , )
•
2.Iklim berusaha , pada
peringkat 123, di tingkat dunia , (
peraturan mata uang , tarif pajak , kriminal , etos kerja , peraturan
pekerja , tenaga terdidik , regulasi perpajakan , ketidak stabilan pemerintah ,
inflasi , akses finasial , korupsi , birokrasi yg tdk efisien )
•
3. Teknologi , pada peringkat 139 di tingkat dunia ( keterswediaan teknologi baru , penyerapan
teknologi baru di perusahaan , peran PMA dlm peralihan teknologi , pendaftaran
broadband internet , internet bandwidth )
•
4. Inovasi , pada peringkat 139 di
tingkat dunia ( kapasitas utk inovasi , kualitas dr lembaga R&D , anggaran
utk R&D , kerja sama perusahaan dgn perguruan tinggi dlm R&D , pengadaan teknologi
terkini utk produk , ketersediaan
ilmuwan dan engenier , pemamfaatan paten )
•
5 . SDM , pada peringkat 139 di tingkat dunia , ( mengikuti pendidikan
sekunder , mengikuti pendidikan tersier , kulalitas sistem pendidikan ,
kualitas pendididkan matamatik dan sains , kualitas pendidikan manajemen ,
akses internet di sekolah , ketersediaan jasa pelatihan &penelitian ,
ketersediaan pelatih keakhlian )
0 Response to "DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA"
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Sopan
No SARA
No spam (Link Aktif)
Jika anda ingin mendapatkan file utuhnya silahkan hubungi admin atau request di kolom komentar dengan menyertakan email anda
Insya Allah akan kami balas secepatnya
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa di share gan....!!!!!