DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA

DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA

LATAR BELAKANG MASALAH DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
      Dari hasil penelitian lembaga-lembaga dunia , maupun dalam negeri , menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber produksi yg boleh dikatakan kaya , mengingat SDM yg berlimpah , dgn angkatan kerja yg besar , disertai sumber daya alam yg potensial .
      Namun dgn angkatan kerja yg besar dan sumber daya alam (SDA) potensial , belum cukup tampil menjadi negara yg memiliki daya saing tinggi .
      Sejak diberlakukan kesepakatan perdagangan bebas antara ASEAN dgn Cina  ( Cina –AFTA ) januari 2010  , nampak kekhawatiran bahkan ketakutan pengusaha-pengusaha baik disektor pertanian maupun industri  , thd ekspansi produk-produk Cina .
      Atas hal tersebut di atas , banyak kalangan menyalahkan pemerintah , yg di anggap kurang serius dalam meningkatkan daya saing perekonomian Indonesia , dimana kebijakan-kebijakan pemerintah dianggap tdk kondusif , dan kurang berpihak kpd pengusaha dalam negeri .
      Kebijakan –kebijakan yg di anggap kurang kondisif dlm mendukung daya saing perekonomian  seperti antara lain penyediaan infra struktur , pelayanan publik , pendidikan , kesehatan , peraturan –peraturan , dibidang ekonomi yg mengarah kpd efisiensi dan produktivitas , yg pada akhirnya membangun daya saing .

DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
      Daya saing adalah suatu konsep dalam  ekonomi , yang merujuk kepada komitmen terhadap persaingan pasar , antara produk  - produk yg dihasilkan perusahaan –perusahaan dgn sasaran keberhasilan dlm persaingan internasional .
      Kekuatan daya saing suatu negara ( bangsa ) , ditentukan oleh kekuatan pondasinya  yg terdiri dari sejumlah pilar , yaitu (1) pilar daya saing SDA , (2) pilar  daya saing perusahaan  , (3) pilar daya saing inovator , kreator , inventor , (4) pilar daya saing pemerintah , (5) pilar daya saing masyarakat

PILAR DAYA SAING SUMBER DAYA ALAM ( SDA )
      1. Secara fisik alam Indonesia memiliki daratan dan lautan yg cukup luas , dgn kandungan  yg potensial  .
      2. Iklim yg  mendukung , krn hanya dua musim
      3. Posisi geografi yg di anggap cukup strategi , mengingat  pd posisi alur perdagangan internasional .

PILAR DAYA SAING PERUSAHAAN
      Perusahaan merupakan pemain terdepan dalam kancah daya saing , krn daya saing pada hakekatnya sangat ditentukan oleh daya saing masing-masing perusahaan , yaitu  :
      1. daya saing pengusahanya
      2. daya saing tenaga kerjanya
      3. daya saing in-put lainnya  ( finansial , bahan baku , kualitas , kontinuitas  , distribusi , dll)

PILAR DAYA SAING INOVATOR /INVENTOR
      Daya saing suatu negara tdk lepas dari kemampuan inovasi , kreativitas , keuletan , kehandalan , maka pemerintah seyogyanya  mengembangkan :
      1. riset-riset yg unggul , dgn visi yg kuat di Univesitas  ( contoh Jepang , Amerika , German , Korea Selatan , )
      2. mengembangkan lembaga-lembaga riset seperti lembaga penelitian dan pengembangan  (litbang)
      3. pengadaan infra struktur  riset yg memungkinkan lahir inovasi-inovasi .

PILAR DAYA SAING PEMERINTAH
      Pada dasarnya pemerintah hanya mengeluarkan kebijakan –kebijakan , membangun infra struktur , pendidikan , namun pemerintah harus serius juga dalam  membina pengusaha agar memiliki daya saing kuat  seperti :
      1. kebijakan insentif  , ( Contoh Cina )
      2. pejabat yg memahami dunia usaha ( pro bisnis)
      3. bunga bank yg pro bisnis .
      4. pembangunan pelabuhan-pelabuhan di wilayah potensial .
      5. lembaga pelatihan tenaga profesional tingkat global

PILAR DAYA SAING MASYARAKAT
      Indikator suatu masyarakat memiliki daya saing yg kuat , adalah  :
      1. tingkat kecerdasan yg didukung latar belakang pendidikan yg memadai .
      2. memiliki budaya disiplin yg kuat .
      3.memilki komitmen atas ketaatan dan kepatuhan thd ketentuan –ketentuan .
      4.memiliki keseriusan dalam beraktivitas .

INDIKATOR UTAMA DAYA SAING PRODUK
      1. Pangsa pasar per tahun …..% dr jumlah ekspor cenderung meningkat ( bertahan)
      2. laju pertumbuhan ekspor per tahun …..%
      3.pangsa pasar per tahun …..%
      4. harga produk relatif kuat
      5. diversifikasi produk
      6. diversifikasi pasar
      7.sertifikasi lingkungan hidup ( ISO 14000 )
      8. ISO 9000
      9. kepuasan konsumen

INDIKATOR UTAMA DAYA SAING PERUSAHAAN
      1. Pertumbuhan volume out-put
      2. Pangsa PDB …..%
      3. Pangsa pasar …..%
      4. Turnover
      5. Profit
      6. Tingkat pendidikan pekerja dan pengusaha
      7. Pengeluaran riset dan pengembangan
      8. Paten yg dimiliki , dan standarisasi produk
      9.Produktivitas dan efisiensi
      10. Jumlah pengeluaran biaya promosi
      11. Jaringan kerja dgn pihak global .

DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA MENURUT WORLD ECONOMIC FORUM ( GENEVA SWISS)
      Lembaga Pusat Studi Industri , UKM , Persaingan Usaha , kerja sama dgn lembaga peringkat daya saing global ( kantor pusat di Geneva Swiss ) yaitu World Economic  Forum  ( WEF ) melakukan survei ke 150 perusahaan ( kecil , menengah , besar ) di semua sektor .
      Surveinya disebut opinion survei , artinya opini dr pengusaha dan CEO , mengenai berbagai aspek penting  yg menetukan daya saing  negara .
      Daya saing yg dimaksud WEF  adalah daya saing negara dalam aspek ekonomi , apabila daya saing ekonomi suatu negara tinggi , maka akan berpengaruh tinggi terhadap daya saing produk dr negara itu .
      Daya saing negara mencakup tingkat suku bunga , nilai tukar , produktivitas , keterlibatan ditingkat global , devisa , yg akan berpengaruh signifikan terhadap daya saing produk .

POSISI DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA DI ASEAN
      1. Dalam tahap FAD , Kamboja , Filipina , Vietnam , Brunei ,
      2. Indonesia masih dlm transisi dari tahap FAD ke tahap  EFD
      3. Dalam tahap EFD  , Malaysia , Thailand
      4. Dalam tahap ID , Singapura .

KENDALA YG DI HADAPI DLM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA
      1. Kendala infrastruktur  , dari penelitian WEF I ndonesia berada pd posisi tingkat  dunia di peringkat 84  . ( keadaan jalan raya , jalan kereta api , pelabuhan , pasokan listrik , telepon , bandara , )
      2.Iklim berusaha , pada peringkat  123, di tingkat dunia  , (  peraturan mata uang , tarif pajak , kriminal , etos kerja , peraturan pekerja , tenaga terdidik , regulasi perpajakan , ketidak stabilan pemerintah , inflasi , akses finasial , korupsi , birokrasi yg tdk efisien  )
      3. Teknologi   , pada peringkat 139 di tingkat dunia (  keterswediaan teknologi baru , penyerapan teknologi baru di perusahaan , peran PMA dlm peralihan teknologi , pendaftaran broadband internet , internet bandwidth )
      4. Inovasi , pada peringkat 139 di tingkat dunia ( kapasitas utk inovasi , kualitas dr lembaga R&D , anggaran utk R&D , kerja sama perusahaan dgn perguruan tinggi  dlm R&D , pengadaan teknologi terkini  utk produk , ketersediaan ilmuwan dan engenier , pemamfaatan paten )
      5 . SDM , pada peringkat 139  di tingkat dunia , ( mengikuti pendidikan sekunder , mengikuti pendidikan tersier , kulalitas sistem pendidikan , kualitas pendididkan matamatik dan sains , kualitas pendidikan manajemen , akses internet di sekolah , ketersediaan jasa pelatihan &penelitian , ketersediaan pelatih keakhlian )


0 Response to "DAYA SAING PEREKONOMIAN INDONESIA"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Sopan
No SARA
No spam (Link Aktif)
Jika anda ingin mendapatkan file utuhnya silahkan hubungi admin atau request di kolom komentar dengan menyertakan email anda
Insya Allah akan kami balas secepatnya
Terima kasih telah berkunjung jangan lupa di share gan....!!!!!